Rabu, 25 Februari 2015

Wisata Sawah Akan Hadir di Utara Jabar Kamis, 12 Februari 2015 | 12:04 WIB








BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menjadikan kawasan utara Jawa Barat menjadi tempat wisata sawah yang digabungkan dengan obyek wisata Candi Batu Jiwa di Kabupaten Karawang.

"Saya kira ini akan menjadi hal yang unik, yang tidak ada dimana pun. Pengembangan ini saya kira perlu direncanakan dengan baik," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, di Gedung Sate Bandung, Selasa (10/2/2015).

Ia menuturkan, rencana wisata sawah tersebut merupakan bagian dari pengembangan wilayah utara dan selatan Jawa Barat.

"Kami akan membedakan pola pengembangan untuk wilayah utara dan selatan karena kedua wilayah ini punya karakteristik yang berbeda. Seperti kawasan utara itu daerah yang subur dan banyak ditumbuhi oleh padi," katanya.

Menurut dia, secara umum ada tiga wilayah di wilayah utara dan selatan Jabar yang akan dikembangkan yakni Pelabuhanratu, Rancabuaya, dan Pangandaran.


KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Anak-anak mengunjungi lokasi situs Candi Jiwa, Desa Segaran, Kecamatan Batu Jaya, Karawang, Jawa Barat, Minggu (27/3/2011). Candi Jiwa merupakan candi peninggalan kebudayaan Hindu-Buddha di permulaan masehi pada masa awal berdirinya kerajaan Tarumanegara. Candi yang masuk dalam kompleks percandian Batujaya ini ditemukan pertama kali pada tahun 1984.
"Contohnya tidak seluruh pantai di Selatan bisa dijadikan obyek wisata, ada keunikan masing-masing. Jadi keunikan di Sukabumi, Pelabuhan Ratu belum tentu ada di Rancabuaya, begitupun sebaliknya," kata dia.

Pengembangan dua kawasan tersebut, menurut dia, akan tetap memperhatikan aspek budaya masyarakat setempat karena berbicara destinasi wisata erat kaitannya dengan kultur masyarakat sekitar.

"Untuk wilayah Selatan punya potensi untuk dikembangkan melalui sektor pariwisata, agrobisnis, perdagangan, dan perikanan sehingga di sana tidak boleh ada pabrik-pabrik seperti di Bekasi," katanya.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya terus melakukan perbaikan infrastruktur agar wilayah utara dan selatan Jawa Barat tersebut bisa terhubung dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar